Senin, 17 Juni 2013

Bangunan Unik Hasil Buatan Hewan

Berbagai bangunan unik yang merupakan hasil buatan para hewan memang sangat mengagumkan. Jika selama ini kita menganggap jikalau kemampuan berarsitektur ini hanya dimiliki oleh manusia, akan tetapi faktanya hewan juga memiliki kemampuan untuk membuat sebuah bangunan yang amay mengagumkan. Mungkin saja di antara kita sering berpikir bahwa yang menjadi perbedaan di antara manusia dan hewan ialah dalam kemampuan bidang arsitekturnya.Sudah sejak lama umat manusia di dunia mendirikan berbagai bangunan yang besar, megah, kokoh, dan juga sangat indah. Diantaranya seperti candi-candi, kastil, pyramid, tugu-tugu, ataupun gedung-gedung pencakar langit yang banyak terdapat di Ibu Kota Jakarta.

Akan tetapi yang harus kita ketahui adalah, kemampuan berarsitekrut itu bukan hanya dimiliki oleh manusia saja, namun beberapa hewan di dunia juga terkenal karena memiliki kemampuan dirinya untuk mendirikan sebuah bangunan yang amat luar biasa.Diantaranya adalah tembok besar berang-berang. Ya, di Kanada dan lebih tepatnya di Wood Buffalo National Park, North Alberta, ada sejenis hewan berang-berang yang mampu membuat bendungan besar, yang bisa disebut sebagai raksasa sepanjang 2,790 kaki atau kira-kira 850,4 meter.

Yang sangat hebat dan mengejutkan disini adalah karena bangunan tersebut bisa terlihat sampai ke luar angkasa.Ya, fakta menarik tersebut ditemukan pertama kali oleh seseorang yang sedang bermain-main dengan Google Earth.Menurut para ahli, bendungan tersebut dibangun dalam kurun waktu yang amat panjang, yaitu hingga mencapai 20 tahun. Wow… fantastis bukan? Selain itu, keunikan bangunan yang hampir sama dengan Tembok Besar China ini juga bermanfaat untuk melindungi berang-berang dari musuh alaminya, seperti beruang dan juga rubah buas. Bangunan unik yang dibangun oleh berang-berang itu juga berfungsi sebagai tempat tinggal dan bernaung dari berang-berang lintas generasi.

Selain itu, bangunan mengagumkan juga dibangun oleh para tawon, yang kemudian diberi nama mud dauber wasps, atau yang berarti penjara tawon pengoles lumpur. Tawon pengoles lumpur itu pun membuat sarangnya yang terdiri dari penjara-penjara. Bangunan itulah yang  berguna untuk memerangkap mangsa mereka, seperti laba-laba. Dalam satu sarang yang dibuat itu, bisa menampung lusinan penjara yang masing-masingnya mampu merenggut 3 laba-laba.Setelah berhasil menangkap laba-laba tersebut, maka tawon pengoles lumpur akan segera melumpuhkan laba-laba dengan menggunakan sengatannya,kemudian baru akan dimangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.